Selasa, 11 Desember 2012

Linux Ubuntu


Ubuntu mengambil namanya dari bahasa Afrika Kuno. Menurut situs Ubuntu (www.ubuntulinux.org), nama Ubuntu bermakna “kemanusiaan bagi sesama”. Distro ini lahir dari keinginan para pengembang Linux untuk menyajikan sebuah distro Linux yang mudah dipakai, handal, berkualitas, dan gratis.Tujuan dr distribusi Linux Ubuntu adl membawa semangat yg terkandung di dlm Ubuntu ke dlm dunia perangkat lunak. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer spt PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64)Arti Ubuntu diketahui hampir semua geek, definisinya adalah “sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ‘saya dibentuk oleh kita semua’. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.” Ubuntu menawarkan semua kelebihan yang dimiliki oleh Debian ditambah dengan update berkala setiap 3 bulan, dukungan komunitas yang sangat banyak, dukungan dana yang melimpah, bahkan anda bisa mendapatkan CD Installernya secara gratis.
Ubuntu dapat dipakai baik untuk mesin yang berfungsi sebagai server maupun sebagai komputer desktop.Distro ini juga mendukung aneka prosesor yang ada di pasaran seperti Intel x86, AMD64, dan PowerPC. Proyek Ubuntu (Ubuntu Project) disponsori oleh Canonical Ltd. Para peminat Ubuntu bisa memesan CD Ubuntu dalam jumlah yang mereka inginkan secara gratis dengan cara mengunjungi situs Ubuntu. Namun, para peminat Ubuntu juga bisa melakukan download file image Ubuntu (dalam bentuk file .iso) dengan cara mengunjungi alamat www.ubuntulinux.org/download/. Berhubung Ubuntu didistribusikan dalam dua CD, pastikan Anda mendapatkan atau men-download file image yang sesuai dengan keperluan. Sebagai informasi, versi install CD merupakan distro Ubuntu yang dikhususkan untuk dipasang dalam harddisk.Sementara versi Live CD merupakan distro Ubuntu yang dikhususkan untuk dijalankan secara langsung via CD-ROM tanpa perlu di-install lagi ke dalam harddisk.
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).Ubuntu terdiri dari BlankOn Linux (sebuah distro Linux yang dikembangkan Indonesia), Dewalinux (sebuah distro Linux yang dikembangkan Indonesia), Briker (sebuah distro Linux yang dikembangkan Indonesia), Edubuntu, Kubuntu, Xubuntu, De2, Ubuntu Studio.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu.Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:
·         Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise“, kami akan membuat semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah Bebas yang sama.
·         Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan; rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
·         Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kami juga bekerja sama dengan seluruh komunitas Perangkat Lunak Bebas dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode.
·         Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas untuk ini kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.
Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000).Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan.
Ubuntu Linux hadir dalam 2 versi yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai versi LiveCD kalau anda tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer, cukup masukan LiveCD tersebut kedalam CD-ROM Drive anda, booting dari CD-ROM Drive maka anda sudah dapat menikmati Linux. Tentu saja LiveCD ini mempunyai banyak batasan karena semua perubahan pada konfigurasi yang anda buat akan langsung hilang ketika komputer dimatikan dan tentu saja flexibilitas LiveCD ini akan sangat jauh apabila dibandingkan dengan versi Installnya. [K]Ubuntu Linux ini juga hadir dalam 3 Arsitektur komputer yaitu : Intel x86, PowerPC dan AMD64. Kini Ubuntu telah hadir dengan versi terbarunya yaitu versi 7.4 yang dikeluarkan tepatnya tanggal 19 April 2007 dan menurut kabar yang saya dapatkan bahwa versi terbarunya lagi yaitu 7.10 akan di rilis pada tanggal 18 oktober 2007. Untuk lebih lanjutnya anda dapat lihat di www.ubuntu.com atau di www.canonical.com.
Versi Ubuntu
Pada  bulan oktober  2004 Ubuntu  lahir pada  versi  pertama, versi  baru  ubuntu hadir  setiap  6  bulan  sekali  dan  anda  bisa  mengupgradenya  secara  gratis  tanpa  biaya  sepeserpun.  Penamaan  versi  Ubuntu  juga  memiliki  ke-unikan  tersendiri  selain  dengan Code Name  nama-nama hewan ubuntu juga memiliki penamaan versi yang  sangat  unik, misalnya Ubuntu yang akan saya bahas kali ini memiliki nama Ubuntu  8.04  yang  artinya  Ubuntu  tersebut  di  release  pada  tahun  2008  pada  bulan  April.  Versi  Ubuntu  memiliki  format  Y.MM,  Y=tahun  dan  MM  adalah  bulan.Berikut ini adalah sejarah ringkas Versi Ubuntu beserta Code Namenya.
1.         Ubuntu 4.10 (Warty Warhog)
Ubuntu 4.10 yang di release pertama kali ini hadir pada bulan oktober 2004
2.         Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)
Ubuntu 5.04 adalah release ke-dua dari ubuntu yang hadir pada bulan april 2005  yang sudah tidak disupport lagi semenjak bukan oktober 2006. Sistem operasi ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi prosesor dari keluarga x86 (Intel 486, Pentium, Pentium II, III, dan 4), AMD, atau VIA (dahulu Cyrix), kartu grafis VGA dengan kedalaman 256 warna atau lebih tinggi, RAM 128MB atau lebih tinggi, sebuah CD-ROM drive, dan ruang harddisk sekitar 1 gigabyte atau lebih tinggi (jika akan dipasang dalam harddisk). Spesifikasi ini merupakan kebutuhan dasar untuk menjalankan modus grafis dalam Ubuntu.Jika pengguna lebih suka dengan modus teks, spesifikasi komputer yang diperlukan bisa lebih rendah lagi daripada spesifikasi tersebut.
3.         Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
Ubuntu  5.10  adalah  relese  yang  ke-tiga  yang  hadir  pada  bulan  oktober  2005  yang juga telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.
4.         Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
Ubuntu  6.06  adalah  release  ke-empat  yang  pertama  kalinya  yang  di  support  paling lama Long Term Support (LTS) yang direlease pada bulan juni 2006, versi  Long  Term  Support  (LTS)  ini  disupport  sampai  dengan  3  tahun  untuk  versi  desktop dan 5 tahun untuk versi server. 
5.         Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
Ubuntu  6.10  adalah  release  ke-lima  yang  hadir  pada  bulan  oktober  2006. yang  telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.
6.         Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
Ubuntu  7.04  di  release  pada  bulan  april  2007  dan  di  support  sampai  bulan  oktober 2008.
7.         Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)
Ubuntu yang akan kita bahas kali ini adalah versi 7.10 yang hadir dengan Visual  Effect  yang  sangat  spektakuler,  Printer  yang  sudah  otomatis  terdeteksi  yang  akan di support sampai bulan april 2008
8.         Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron)
release  ke-delapan  dari  ubuntu  yang  telah  hadir  pada  bulan  april  2008  lalu  adalah versi  ke-dua yang menyediakan Long Term Support, Untuk Desktop  akan  di support sampai bulan april 2011 dan edisi server di support sampai april 2013

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes